Sunday, July 17, 2011

Contoh Artikel Ilmiah

Rendahnya Minat Baca Masyarakat Indonesia

      “Semakin tinggi minat baca seseorang, ia telah turut membuat peradaban menjadi lebih maju.” Kalimat di atas tentunya harus menjadi motivasi bangsa Indonesia dalam meningkatkan minat baca masyarakatnya. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan minat baca masyarakat yang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hasil survei yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berkompeten.
      Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2006 mempublikasikan, membaca bagi masyarakat Indonesia belum menjadikan kegiatan sebagai sumber untuk mendapatkan informasi. Masyarakat Indonesia lebih memilih menonton televisi (85,9%) dan mendengarkan radio (40,3%) ketimbang membaca (23,5%). Artinya, membaca untuk mendapatkan informasi baru dilakukan oleh 23,5% dari total penduduk Indonesia. Masyarakat lebih suka mendapatkan informasi dari televisi dan radio ketimbang membaca.
       Contohnya saja, sebagaimana hasil survei mikro yang dilakukan oleh Sumatera Barat Intelectual Society (S.I.S) tentang minat baca siswa SLTP di kota Padang, menunjukkan bahwa dari 100 orang siswa, 70% diantara yang membaca namun itu hanya kurang 1 jam dalam sehari. Dengan data ini menunjukkan bahwa membaca belum menjadi prioritas utama masyarakat Indonesia. Seharusnya pemerintah lebih menggalangkan program perpustakaan keliling di seluruh daerah khususnya di daerah terpencil, sehingga membaca bukan hanya untuk orang berduit saja melainkan semua lapisan masyarakat dan selain itu, kita harus lebih memotivasi diri kita untuk sering membaca.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . READ THIS ! ! ! - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger